Tips Memilih Universitas Swasta di Singapura

8 June 2013, Comments: 0

Saat ini, semakin banyak Private Education Institution atau institusi pendidikan swasta di Singapura, mulai dari universitas asing yang membuka cabang hingga lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program-program berafiliasi dengan universitas dari Australia, Inggris dan Amerika.

Hal ini tentu membuat pilihan jurusan dan universitas di Singapura semakin banyak. Agar tidak salah menentukan, berikut ini adalah beberapa tips memilih institusi pendidikan swasta di Singapura.

1. Pastikan bahwa institusi pendidikan swasta tersebut terdaftar di Council of Private Education

Council for Private Education (CPE) adalah sebuah lembaga pemerintahan yang bertugas untuk mengatur dan memastikan kualitas dari institusi swasta di Singapura. Agar dapat beroperasi di Singapura, setiap institusi swasta harus mendaftarkan diri ke CPE. Institusi yang hendak mendaftar harus memenuhi beberapa kriteria, misalnya pengelolaan yang baik, pelayanan berkualitas dan transparansi informasi.

List institusi pendidikan swasta yang terdaftar di Council for Private Education dapat dilihat disini.

2. Sertifikasi dari institusi

Di Singapura, institusi pendidikan swasta hanya boleh mengeluarkan sertifikasi dan gelar atas nama institusi mereka sampai tingkat Advanced Diploma. Hanya beberapa universitas negeri dan beberapa universitas swasta yang diperbolehkan untuk menawarkan gelar dan sertifikasi atas nama institusi mereka sendiri. List institusi tersebut dapat dilihat disini.

3. Mengecek status sertifikasi Edutrust

Edutrust adalah sistem sertifikasi yang dikelola oleh Council of Private Education. Institusi pendidikan swasta harus mempunyai sertifikat Edutrust agar siswa internasional mereka dapat memiliki Student Pass. Ada beberapa tingkatan dari sertifikasi Edutrust:

  • Edutrust Star (masa berlaku  empat tahun)
  • Edutrust (masa berlaku  empat tahun)
  • Edutrust Provisional  (masa berlaku  satu tahun)

Untuk mengetahui apakah institusi pilihan anda sudah memiliki sertifikasi Edutrust, dapat dirujuk ke situs ini.

4. Memilih jurusan yang tepat

Berdasarkan aturan yang berlaku, institusi pendidikan swasta tidak boleh menawarkan program dengan durasi lebih dari satu bulan dan 50 jam tanpa ijin dari Council of Private Education. Pastikan anda sudah mencari tahu informasi-informasi penting seputar jurusan dan kredibilitas institusi sebelum mendaftar.

Untuk mengetahui apakah jurusan pilihan anda sudah diijinkan oleh Council of Private Education, dapat dirujuk ke situs ini.

5. Skema perlindungan biaya / Fee Protection Scheme

Skema perlindungan biaya akan melindungi biaya yang sudah dibayarkan siswa ke institusi pendidikan swasta. Setiap institusi harus mempunyai skema perlindungan biaya yang disetujui oleh Council of Private Education apabila mereka hendak menerima pembayaran dari untuk program selama lebih dari dua bulan.

Untuk mengetahui apakah biaya anda telah dilindungi, silahkan cek di situs ini.

6. Kontrak siswa

Setiap institusi pendidikan swasta dan siswanya harus menandatangani kontrak untuk program dengan durasi lebih dari dua bulan, baik program full-time maupun part-time. Institusi tidak diperbolehkan untuk membuat kontrak yang bersifat sepihak atau mengijinkan institusi untuk mengambil biaya untuk program yang belum terlaksana dari siswa yang berhenti. Sebelum menandatangani kontrak, pastikan anda mengecek ulang semua informasi perkuliahan, pembayaran serta nama.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Council of Private Education, dapat dirujuk ke situs resmi Council of Private Education.


Apabila kamu tertarik untuk daftar kuliah di Singapura, kami bisa membantu kamu menemukan universitas yang cocok dengan kamu secara gratis. Silahkan hubungi kami, we are happy to help out :)

Comments

comments